Langsung ke konten utama

☕ Waktu Terbaik Membeli Saham Emiten Batu Bara hingga Strategi Mencari Free Cash Flow

Simak ulasan Voice of Community Stockbit Stream Pekan Ini!

Voice of Community

Halo Stockbitor! 👋

Di Sabtu pagi yang cerah ☕, Stockbit merangkum pandangan dan opini dari teman-teman komunitas di Stockbit Stream seputar rencana investasi, tips & trik, kondisi pasar, hingga tren yang sedang ramai diperbincangkan untuk menemani weekend kamu.

💡Idea from Community

@HaniPutranto

Waktu Terbaik untuk Membeli Saham Emiten Batu Bara, Sekarangkah Saatnya?

Di pasar modal, terdapat sekelompok emiten yang bisnisnya bersifat siklis, salah satunya batu bara. Meskipun sempat terkoreksi cukup dalam dari peak nya di tahun lalu, harga saham emiten batu bara kini mulai berangsur pulih. Namun apakah betul sekarang saat yang tepat untuk beli? HaniPutranto menjelaskan bagaimana strategi membeli saham siklis, terutama dari kacamata seorang dividen investor. Penasaran bagaimana cara hingga faktor apa saja yang mesti diperhatikan? Selengkapnya bisa kamu baca pada tulisan  berikut ini!

@Dwisomantana

Strategi Mencari Free Cash Flow Sederhana: Studi Kasus ULTJ

Free cash flow sederhananya adalah sisa uang hasil laba yang tersisa setelah dipakai untuk semua keperluan bisnis seperti bayar pemasok, gaji karyawan, pengeluaran investasi, penambahan modal kerja. Sehingga Free Cash Flow (FCF) bisa digunakan untuk membayar hutang, berinvestasi, buyback saham, atau membayar dividen. Dengan mengetahui FCF sebuah perusahaan, maka kita bisa mengetahui gambaran sehat atau tidaknya keuangan perusahaan. Dalam tulisannya, dwisomantana menjabarkan pengertian Free Cash Flow serta contoh kasusnya dalam saham ULTJ. Penasaran? Baca lengkapnya berikut ini!

@Prabaniswara

Menghitung Valuasi Start-up dengan GMV

Untuk menghitung valuasi industri yang terspesialisasi seperti ecommerce, rumah sakit, dan telekomunikasi biasanya membutuhkan pendekatan yang berbeda. Untuk telekomunikasi bisa memakai EV/EBITDA, rumah sakit bisa digunakan cost to build, lantas bagaimana dengan start up ecommerce? Apalagi kebanyakan belum menghasilkan laba dan OCF negatif, oleh karena itu, untuk ecommerce biasanya dapat menggunakan metode GMV multiple untuk mengukur aktivitas penjualan sebagai gambaran berapa kemungkinan keuntungan masa depan. Penasaran bagaimana metode perhitungan dengan GMV? Baca lengkapnya di sini!

📊 Unboxing Saham

Stockbit

🔥 Komparasi BREN dan PGEO: Valuasi Unggul PGEO, BREN Menarik Karena Grup Barito

Barito Renewables Energy ($BREN) siap melantai di BEI pada Oktober 2023, menandai emiten geothermal kedua yang listing di bursa setelah Pertamina Geothermal Energy ($PGEO). Apabila dibandingkan dengan PGEO dari sisi valuasi, BREN (P/E 60,2-70,1x, P/BV 14,1-15,2x) lebih premium dibandingkan PGEO (P/E 28,3x, P/BV 2,15x) per 27 September 2023. Namun, valuasi premium BREN dapat dijustifikasi jika dibandingkan dengan valuasi emiten Grup Barito lainnya di BEI seperti BRPT (P/E 546,6x) dan TPIA (P/E -112x). Lantas bagaimanan komparasi BREN dan PGEO dari sisi lain seperti operasional, finansial dan lainnya? Baca selengkapnya Unboxing dari Stockbit Sekuritas berikut ini atau klik banner di bawah!

✨Aspiring Stockbitor to Follow

@Vicgorherlyson99

Vicgorherlyson99 atau akrab disapa Vicgor adalah salah satu anak muda yang mendalami value investing dalam kegiatan investasinya. Vicgor saat ini juga aktif membagikan tulisan seputar kinerja emiten, hingga tips dan trik dalam membedah laporan keuangan. Temukan tulisan menarik lain dari Vicgorherlyson99 hanya di Stockbit Stream!

View Profile

@TheodorusMelvin

Theodorus Melvin merupakan investment analyst Stockbit yang banyak membahas Renewable energy dan chemicals. Selain mengulas berbagai issue dan emiten di sektor-sektor tersebut, TheodorusMelvin juga rajin menjawab berbagai pertanyaan dari para Stockbitor.

View Profile

@Yansendoang

Yansendoang yang akrab dipanggil Yansen merupakan value investor yang mulai terjun ke pasar modal sejak 2017. Di Stockbit Stream, ia aktif membagikan tulisan mengenai tren yang perlu diperhatikan dari sebuah emiten, kinerja laporan keuangan serta perkembangan dan analisis makro ekonomi

View Profile
Bantu Stockbit Jadi Komunitas yang Suportif

Ingatlah untuk selalu mengikuti House Rules ketika membagikan ide, komentar, serta berinteraksi dengan Stockbitor lainnya di Stream.

Bila ada pertanyaan, silakan hubungi kami:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

🆕 RI Impor Bijih Nikel, Apa Dampaknya untuk Emiten?

IHSG turun -0,19%, AKRA Jual Lahan & Bentuk JV dengan Hebang Biotechnology, Kinerja SIMP & LSIP 1H23. Kompilasi berita untuk NusantaraBitcoin hari ini. 31 Agustus 2023 🆕 RI Impor Bijih Nikel, Apa Dampaknya untuk Emiten? Photo by: Stockbit Snips Daily Market Performance 🚀 IHSG 6.953,3 -0,19% Coal 156,0 -1,58% Crude Oil 82,1 +0,57%

😮 Rumor Konsorsium CVC Akuisisi SILO

IHSG turun -0,17%, MDKA: Rencana Private Placement untuk Pengembangan Usaha. Kompilasi berita untuk NusantaraBitcoin hari ini. 7 Mei 2024 😮 Rumor Konsorsium CVC Akuisisi SILO Daily Market Performance 🚀 IHSG 7.123 -0,17% Coal 146,1 +0,34% Crude Oil 78,5 +0,14% Gold 2.317

💲 BBRI: Laba Bersih 1Q24 Ditekan Penurunan Kualitas Aset

IHSG turun -0,27%, Rumor EXCL & FREN Semakin Dekat untuk Merger Kompilasi berita untuk NusantaraBitcoin hari ini. 25 April 2024 💲 BBRI: Laba Bersih 1Q24 Ditekan Penurunan Kualitas Aset Daily Market Performance 🚀 IHSG 7.155 -0,27% Coal 135,5 -0,91% Crude Oil 82,8 +0,22% Gold 2.326