Langsung ke konten utama

☕6 Tanda Saham Akan Turnaround Hingga Cara Tepat Menghitung Return Portofolio Investasi

Simak ulasan Voice of Community Stockbit Stream Pekan Ini!

Voice of Community

Halo Stockbitor! 👋

Di Sabtu pagi yang cerah ☕, Stockbit merangkum pandangan dan opini dari teman-teman komunitas di Stockbit Stream seputar rencana investasi, tips & trik, kondisi pasar, hingga tren yang sedang ramai diperbincangkan untuk menemani weekend kamu.

💡Idea from Community

@Parahitairawan

6 Tanda Saham Bakal Turnaround Menurut Parahitairawan

Perlu diakui bahwa tidak semua perusahaan di pasar modal memiliki kinerja yang baik. Namun bisnis yang terpuruk sekalipun bisa saja berbalik arah dan memberikan kita potensi kesempatan di masa mendatang. Tentunya tidak semua perusahaan dapat melakukan hal ini. Dalam tulisannya, Parahitairawan membagikan setidaknya ada 6 tanda bahwa suatu perusahaan bisa turnaround dari sisi kinerja. Apa saja? Simak selengkapnya  di sini!

@Mrijalali

Top Down Vs Bottom Up Analysis, Mana Yang Lebih Baik?

Top-down dan Bottom-up adalah dua pendekatan investasi yang kerap digunakan oleh investor dalam menentukan saham perusahaan yang ingin dibeli. Jika ditanya mana yang lebih baik, tentu akan sangat sulit. Karena beberapa investor ternama seperti Warren Buffett dan Peter Lynch sukses dalam menggunakan bottom-up approach, yaitu pendekatan investasi yang berfokus pada analisis saham individual dan tidak menekankan pentingnya ekonomi makro dan siklus pasar. Tapi di sisi lain, Ray Dalio dan para fund manager, rata-rata menggunakan top-down approach dalam pendekatan investasi mereka. Lebih jauh, Mrijalali mengulas terkait top-down dan bottom-up anaysist serta bagaimana cara menggunakannya untuk investasi. Selengkapnya dapat kamu baca  di sini!

@Claytonpemmy

Jangan Sampai Bias! Simak Cara Tepat Menghitung Return dalam Investasi

Dalam menghitung return portofolio, investor umumnya hanya menghitung nominal return dari saham yang diinvestasikan. Namun pada nyatanya ada beberapa hal lain seperti dividen serta biaya lainnya yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan return sehingga jumlah akhir yang didapatkan lebih mencerminkan total return yang didapatkan investor. Melalui tulisannya, Clayton membagikan metodenya dalam menghitung return portofolio miliknya dengan memasukan semua biaya yang selama ini sering diabaikan kebanyakan investor. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di sini!

📊 Unboxing Saham

Stockbit

💰 Jajaki Ekspor, Kilau Emas HRTA Sampai di Negeri India

HRTA adalah satu-satunya perusahaan penjual perhiasan emas yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sejak awal 2023, harga saham HRTA naik cukup signifikan sebesar +109% YTD per 14 Juli 2023. Kenaikan tersebut terjadi seiring munculnya berbagai perjanjian ekspor yang diteken oleh perseroan sejak awal tahun. Saat ini, HRTA memiliki 4 perjanjian ekspor dari 3 perusahaan perhiasan emas asal India, dengan total volume penjualan sebesar 13,5–14,5 ton hingga akhir 2023. Dengan segala potensi dan tantangan yang dimiliki, apakah kenaikan harga saham HRTA masih bisa berlanjut? Bagaimana valuasi saham HRTA dibandingkan peers-nya saat ini? Simak selengkapnya di sini atau klik banner di bawah!

✨Aspiring Stockbitor to Follow

@Kis4ros

Seorang investor sejak tahun 1998 dan terkenal dengan gaya "all-in" nya. Selain dikenal jago dalam membedah angka dan laporan keuangan, Kis4ros juga pandai merangkai kata serta menyederhanakan thesis rumit kedalam tulisan menarik yang mudah dipahami. Hal ini pula yang kerap beliau bagikan di Stockbit Stream.

View Profile

@Gupitacandra7

Jika kamu mencari ulasan spesifik suatu emiten berdasarkan fundamental, Gupitacandra7 adalah salah satu Stockbitor yang bisa kamu follow. Selain ringkas, beliau juga selalu menyisipkan data dan opini menarik di setiap tulisannya.

View Profile

@Dharmakun

Dharma adalah seorang investor dan juga analyst dari Investabook. Dalam investasi, ia kerap menggunakan pendekatan value investing dan "buy at a discount". Di Stockbit Stream, Dharma banyak membagikan pengalaman hingga ulasan berbagai emiten dari sisi fundamental.

View Profile
Bantu Stockbit Jadi Komunitas yang Suportif

Ingatlah untuk selalu mengikuti House Rules ketika membagikan ide, komentar, serta berinteraksi dengan Stockbitor lainnya di Stream.

Bila ada pertanyaan, silakan hubungi kami:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

🆕 RI Impor Bijih Nikel, Apa Dampaknya untuk Emiten?

IHSG turun -0,19%, AKRA Jual Lahan & Bentuk JV dengan Hebang Biotechnology, Kinerja SIMP & LSIP 1H23. Kompilasi berita untuk NusantaraBitcoin hari ini. 31 Agustus 2023 🆕 RI Impor Bijih Nikel, Apa Dampaknya untuk Emiten? Photo by: Stockbit Snips Daily Market Performance 🚀 IHSG 6.953,3 -0,19% Coal 156,0 -1,58% Crude Oil 82,1 +0,57%

😮 Rumor Konsorsium CVC Akuisisi SILO

IHSG turun -0,17%, MDKA: Rencana Private Placement untuk Pengembangan Usaha. Kompilasi berita untuk NusantaraBitcoin hari ini. 7 Mei 2024 😮 Rumor Konsorsium CVC Akuisisi SILO Daily Market Performance 🚀 IHSG 7.123 -0,17% Coal 146,1 +0,34% Crude Oil 78,5 +0,14% Gold 2.317

💲 BBRI: Laba Bersih 1Q24 Ditekan Penurunan Kualitas Aset

IHSG turun -0,27%, Rumor EXCL & FREN Semakin Dekat untuk Merger Kompilasi berita untuk NusantaraBitcoin hari ini. 25 April 2024 💲 BBRI: Laba Bersih 1Q24 Ditekan Penurunan Kualitas Aset Daily Market Performance 🚀 IHSG 7.155 -0,27% Coal 135,5 -0,91% Crude Oil 82,8 +0,22% Gold 2.326