π Pemerintah Naikkan Tarif Ojol |
Daily Market Performance π |
|
|
Menteri Perhubungan memutuskan untuk meningkatkan tarif ojek online (ojol) yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022. Aturan ini menjadi pedoman untuk tarif atas, bawah dan minimal ojol. Selain itu, besaran biaya dikategorikan berdasarkan tiga zona, yaitu: Zona 1: - Sumatera dan sekitarnya
- Jawa dan sekitarnya (selain Jabodetabek)
- Bali
Tarif jasa minimal meningkat dari 7.000 sampai 10.000 rupiah menjadi 9.250 sampai 11.500 rupiah. Selain itu, biaya jasa batas bawah sebesar 1.850 rupiah per kilometer dan biaya jasa batas atas sebesar 2.300 rupiah per kilometer. Biaya jasa atas dan bawah ini tidak berubah dari peraturan sebelumnya. Zona 2: - Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek)
Tarif jasa minimal meningkat dari yang sebelumnya 8.000 sampai 10.000 rupiah menjadi 13.000 sampai 13.500 rupiah. Selain itu, biaya jasa batas bawah sebesar 2.600 rupiah per kilometer dan biaya jasa batas atas sebesar 2.700 rupiah per kilometer. Biaya jasa batas bawah ini tidak berubah dari peraturan sebelumnya, sementara itu biaya jasa batas atas mengalami penurunan dari yang sebelumnya 3.000 rupiah. Zona 3: - Kalimantan dan sekitarnya
- Sulawesi dan sekitarnya
- Kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya
- Kepulauan Maluku dan sekitarnya
- Papua dan sekitarnya
Tarif jasa minimal meningkat dari yang sebelumnya 7.000 sampai 10.000 rupiah menjadi 10.500 sampai 13.000 rupiah. Selain itu, biaya jasa batas bawah sebesar 2.100 rupiah per kilometer dan biaya jasa batas atas sebesar 2.600 rupiah per kilometer. Biaya jasa atas dan bawah ini tidak berubah dari peraturan sebelumnya.
Key Takeaway Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, besaran biaya jasa nantinya dapat dievaluasi paling lama setiap satu tahun atau jika terjadi perubahaan yang cukup signifikan terhadap kelangsungan usaha yang berakibat kepada perubahan biaya pokok lebih dari 20%. Selain itu, kebijakan ini berpotensi meningkatkan pendapatan baik dari sisi pengendara ojek online dan perusahaan penyedia jasa ojek online. |
|
|
π² Anak Usaha TOWR Beli Fiber Optik Rp801 Miliar |
$TOWR: Anak usaha Sarana Menara Nusantara, PT BIT Teknologi Nusantara, menandatangani perjanjian jual beli dengan PT Alita Praya Mitra untuk pembelian aset fiber optik senilai 801 miliar rupiah.
- $ANTM: Aneka Tambang menandatangani perjanjian pendahuluan (heads of agreement) dengan CNGR Co., Ltd. untuk pembangunan dan pengembangan proyek kawasan industri bersama. Nantinya, kerja sama ini akan mengadopsi teknologi pembangunan lini produksi nikel yang berkomitmen pada pengurangan karbon, dengan kapasitas sebesar 80.000 ton nikel dalam matte per tahun. CNGR sendiri merupakan perusahaan produsen prekursor terbesar di dunia dengan bisnis inti berupa produksi bahan prekursor katoda dan bahan daur ulang energi baru.
- $LPCK: Lippo Cikarang mencatatkan marketing sales senilai 641 miliar rupiah pada 1H22, setara 44% dari target pada 2022 di angka 1,45 triliun rupiah. Penjualan produk hunian rumah tapak Waterfront Estates menjadi kontributor terbesar dengan nilai 361 miliar rupiah.
$PZZA: Sarimelati Kencana, pengelola jaringan restoran Pizza Hut, telah menyerap 35% dari alokasi capex 2022 untuk ekspansi gerai. Hingga 31 Juli 2022, PZZA telah membuka 42 gerai baru Pizza Hut dan Pizza Hut Delivery (PHD) di berbagai lokasi. Dengan tambahan tersebut dan penutupan beberapa gerai, total gerai PZZA mencapai 577 gerai.
|
Selama kuartal kedua 2022, beberapa perusahaan retail melaporkan kinerja. Berikut adalah rinciannya: $RALS: Ramayana Lestari Sentosa membukukan 256 miliar laba bersih pada 2Q22, tumbuh +14,6% dari 223 miliar rupiah pada 2Q21. Pertumbuhan ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan sebesar +2,4% YoY serta penurunan beban pokok pendapatan (-9,9% YoY). Secara kumulatif 6M22, laba bersih RALS tumbuh +107,5% menjadi 286 miliar rupiah dari 138 miliar rupiah pada 6M21 (89,4% dari estimasi sebesar 320 miliar rupiah untuk FY22). Pendapatan tumbuh +8,1% YoY menjadi 1,8 triliun rupiah (50,7% dari estimasi konsensus analis sebesar 3,7 triliun rupiah untuk FY22). Peningkatan penjualan terutama didukung oleh pertumbuhan di daerah Sumatera (+11,4% YoY), Kalimantan (+8,6% YoY), Sulawesi dan Papua (+8,4% YoY) serta Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (+7,2% YoY). Selain itu, penurunan pada total beban pokok penjualan (-1,5% YoY) dan beban usaha (-5,3% YoY) menyebabkan ekspansi margin laba sehingga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan laba bersih perseroan. (IDX) $ACES: Ace Hardware Indonesia mencatatkan laba bersih sebesar 89 miliar rupiah pada 2Q22, turun -22,9% dari 115 miliar rupiah pada 2Q21. Sementara itu, pendapatan juga mengalami penurunan sebesar -1,9% menjadi 1,68 triliun rupiah dari 1,71 triliun rupiah pada 2Q21. Secara kumulatif 6M22, ACES mencatatkan laba bersih sebesar 242 miliar rupiah (33,2% dari estimasi konsensus sebesar 730 miliar rupiah untuk FY22), turun -12,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan turun -2,6% YoY menjadi 3,3 triliun rupiah (46,2% dari estimasi konsensus sebesar 7,2 triliun rupiah untuk FY22), terutama dari segmen produk perbaikan rumah (-1,0% YoY) dan segmen produk gaya hidup (-5,6% YoY). Sementara itu, produk permainan, yang berkontribusi sebesar 7% terhadap total penjualan, meningkat sebesar +10,2% YoY. Dari sisi biaya, total beban pokok penjualan hanya mengalami penurunan sebesar -1,8% YoY dan total beban usaha cenderung stabil (-0,8% YoY) sehingga menyebabkan penurunan margin laba perseroan yang berimbas pada penurunan laba bersih. (IDX)
|
|
|
Saham Top Gainer Hari Ini π₯ |
|
|
Saham Top Loser Hari Ini π€ |
|
|
Performa Sektor Hari Ini π |
|
|
π₯ Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui... |
Direktur Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul ($SIDO), Irwan Hidayat, membeli 1,27 juta lembar saham SIDO dengan harga pembelian sebesar 780 rupiah per lembar saham. Dengan demikian, total transaksi ini mencapai 997,9 juta rupiah. Setelah transaksi ini, kepemilikan langsung Irwan atas SIDO naik dari sebelumnya tidak ada menjadi 0,004%. Direktur Ace Hardware Indonesia ($ACES), Suharno, membeli 800 ribu lembar saham ACES pada Jumat (5/8). Transaksi ini dilakukan di dua harga, yakni 685 rupiah per lembar sebanyak 300 ribu lembar dan 690 ribu rupiah sebanyak 500 ribu lembar. MAP Aktif Adiperkasa ($MAPA) membuka gerai baru Foot Locker di Medan. Gerai tersebut merupakan gerai Foot Locker pertama di Sumatera. Sepanjang 2022, Foot Locker telah membuka 6 gerai di Indonesia dan juga memiliki gerai online.
|
Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini |
✅ Menilik Keberadaan Bandar Saham di Pasar Modal |
|
|
| "Seorang bandar saham itu sudah ahli dalam teknikal. Biasanya mereka akan membuat lukisan yang sangat cantik seperti pullback di area FIBO dan lain sebagainya untuk menarik retail dan big player lain untuk entry"— Blackmon14 Istilah bandar saham biasanya digunakan untuk menggambarkan pihak-pihak yang memiliki uang atau saham suatu emiten dalam jumlah besar. Mereka bisa berupa individu, kelompok orang, atau bahkan institusi tertentu. Dengan dana besar tersebut, seorang bandar bisa mengendalikan harga saham. Namun sebenarnya, siapa sih yang dimaksud dengan bandar saham di pasar modal? Bagaimana cara kerja hingga pengaruh mereka? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Blackmon14 membagikan opininya dalam tulisan yang bisa kamu baca selengkapnya di sini! |
|
|
| #MusimLaba | | |
| Baca Stockbit Snips | | |
| Berikan Opini Kamu | | |
|
|
Copyright 2022 Stockbit, all rights reserved. Anda menerima email ini karena terdaftar sebagai akun aktif di Stockbit atau telah daftar melalui website Stockbit / Stockbit Snips. Disclaimer:
Email ini dikirim oleh PT Stockbit Sekuritas Digital ("Stockbit"), Perusahaan efek yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Semua konten dalam email ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/ menjual saham tertentu. Always do your own research.
Selanjutnya, Semua keputusan investasi nasabah mengandung risiko dan adanya kemungkinan kerugian atas investasi tersebut. Seluruh risiko investasi bukan merupakan tanggung jawab Stockbit melainkan menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Domain resmi Stockbit adalah "https://stockbit.com/" dan semua informasi yang dikirimkan oleh kami akan menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit dan/atau alamat email yang diakhiri "@Stockbit.com" Semua pemberian Informasi Rahasia kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit namun tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit merupakan tanggung jawab pribadi pihak pemilik Informasi Rahasia dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap penyalahgunaan Informasi Rahasia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit yang tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit.
Want to change how you receive these emails? Unsubscribe here
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar